6 Ciri Ciri Mata Minus Pada Anak

6 Ciri Ciri Mata Minus Pada Anak

6 Ciri Ciri Mata Minus Pada Anak – Pada mata normal untuk melihat suatu objek maka bayangan objek harus bisa ditangkap oleh retina, namun pada orang yang mengalami rabun jauh atau mata minus bayangan tersebut tidak jatuh tepat di retina melainkan di depannya dan akhirnya pandangan menjadi kabur.6 Ciri Ciri Mata Minus Pada AnakSampai saat ini belum diketahui pasti apa yang membuat mata minus,tapi ada beberapa faktor penyebab yang diyakini berpengaruh terhadap mata minus seperti :

  • Faktor keturunan
  • sering terkena sinar ultraviolet
  • kurang beristraahat
  • beraktivitas ditempat kurang cahaya

Tapi bagaimana jika mata minus terjadi pada anak ?

Selain orang dewas anak-anak juga bisa menjadi korban mata minus, namun seringkali mereka membiarkannya begitu saja.

Penyebab mata minus pada anak  bisa dari faktor keturunan, hal itu bedampak pada kemampuan anak untuk pulih kembali sangatlah sulit.

Peran orang tua untuk mengamati sangatlah penting agar level minus pada anak tidak semakin parah, anda sebagai orang tua bisa memperhatikan ciri-ciri mata minus.

Berikut adalah ciri-ciri mata minus yang sering  terjadi pada anak :

  • Mata kemerahan

Bila melihat memerah pada matanya kemudian mengeluh pedas dan pedih, bisa jadi itu tanda-tanda mata lelah.

Kelelahan juga bisa disebabkan karena adanya gangguan mata minus, hal ini sering diabaikan karena dianggap kemasukan benda asing padahal ciri mata minus yaitu mata mengalami kemerahan.

  • Sering mengedipkan mata

Jika anak sering mengedipkan mata untuk menaruh fokus terhadap suatu objek, maka besar kemungkinan anak mengalami gangguan mata minus.

  • Lebih suka duduk di kursi depan saat di kelas

Tanpa  disadari sikap seperti ini bisa menjadi salah satu ciri mata minus, apabila anak lebih suka duduk dikursi paling depan itu karena untuk melihat papan tulis dengan  jelas.

  • Mengeluh sakit kepala

Penderita mata minus yang paksa untuk terus melihat secara jelas akan mengeluh sakit kepala. Jika anak anda mengeluh sakit kepala sebaiknya segera hentikan aktivitasnya.

  • Selalu dekat dengan televisi

Bila anak sering duduk selalu dengan dengan layar televisi, terkadang ia juga selalu manulis daan membaca dengan jarak yang dekat.Jika hal ini terjadi besar kemungkinan anak anda menderita mata minus.

  • Sering memicingkan mata

Dengan memicingkan mata  biasanya objek akan terlihat jelas, anak yang mengalami mata minus biasanya akan melakukan hal seperti ini.

Banyak cara mengatasi mata minus salah satunya dengan memakai kacamata tapi sebelumnya anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*