Apa Itu Operasi Lasik Mata Minus

Apa Itu Operasi Lasik Mata Minus – Tindakan operasi lasik mungkin tidak terdengar asing bagi anda yang memiliki masalah penglihatan terutama gangguan mata minus, operasi ini dilakukan dengan bantuan laser untuk mengubah bentuk kornea mata secara permanen yang berguna untuk memperbaiki masalah penglihatan mata.

Apa Itu Operasi Lasik Mata Minus

OPERASI LASIK

Di Indonesia ada sekitar 30.000 prosedur lasik yang dilakukan, LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis) merupakan tindakan yang paling sering dilakukan untuk orang yang mengalami mata minus atau rabun jauh. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika orang yang mengalami mata plus dan juga mata silinder (astigmatisme) untuk melakukan operasi lasik tersebut,

Tetapi untuk beberapa kondisi tindakan operasi lasik tidak bisa dilakukan seperti gangguan mata tua (presbiopi), ibu hamil atau menyusui, sedang menkonsumsi obat tertentu dan juga orang yang berusia kurang dari 18 tahun.

Tindakan Operasi Lasik

Sebelum melakukan operasi lasik, terlebih dahulu dokter akan memeriksa kondisi fisik Anda terutama kondisi mata. Pemeriksaan mata ini mengukur :

  • Ketebalan dan kelengkungan kornea
  • Tekanan pada bola mata
  • Kemampuan pupil untuk melebar serta menyempit

Pada saat dilakukan lasik terlebih dahulu mata akan diberi tetes anestesi dan kelopak mata akan ditahan agar tidak bergerak. Setelah itu kornea mata akan diratakan dengan alat sution ring yang berfungsi untuk fiksasi bola mata, Anda jangan kaget jika penglihatan menjadi gelap ataupun berkabut setelah dipasang alat tersebut.

Dokter yang menangani akan membuat irisan kecil pada kornea lalu irisan tersebut dilipat agar jaringan yang rusak pada kornea bisa dibentuk kembali menggunakan laser. Pada saat itu Anda diminta untuk melihat ke satu titik yang biasanya berupa target cahaya.

Jika sudah selesai irisan tersebut akan dikembalikan ke asalnya tanpa jahitan, karena akan melekat dengan sendirinya dengan memakan waktu sekitar 2 – 5 menit.

Pasca Operasi Lasik

Setelah operasi lasik selesai dilakukan pasien bisa langsung pulang tanpa dirawat inap, secara umum tindakan operasi lasik merupakan tindakan yang aman.

Akan tetatpi resiko mungkin saja muncul seperti mata akan terasa kering serta penglihatan akan kabur pada hari pertama, nyeri atau tidak nyaman, dan timbul bercak merah muda pada bagian putih mata. Efek seperti ini terjadi dalam beberapa hari saja karena bersifat sementara, hanya sebagian kecil saja yang menjadi permanen akibat efek ini.

Untuk masa pemulihan pasca operasi lasik membutuhkan sekitar waktu 3-6 bulan sampai penglihatan benar-benar pulih. Jadwalkan untuk pemeriksaan rutin untuk mengetahui perkembangannya. (baca juga :Cara Yang Baik Untuk Membaca Agar Terhindar Dari Penyakit Mata)

Biaya operasi lasik

Dalam segi biaya operasi lasik tentu bervariasi, hal tersebut tergantung teknik, alat yang digunakan serta rumah sakit, biaya tindakan per mata bisa mencapai diatas sepuluh juta.

Adakah cara lain untuk mengatasi mata minus ?

Selain menggunakan tindakan operasi lasik, mata minus juga bisa diatasi dengan menggunakan Sehat Mata Softgel Obat Mata Minus Alami yang tentunya mampu mengatasi mata minus tanpa menimbulkan efek samping.

LAYANAN KONSUMEN SEHAT MATA SOFTGEL :LAYANAN KONSUMEN

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*