Bahaya Sinar UV Bagi Mata Yang Bisa Menimbulkan Kerusakan

Bahaya Sinar UV Bagi Mata Yang Bisa Menimbulkan Kerusakan

Bahaya Sinar UV Bagi Mata – Sinar ultraviolet atau yang biasa disebut dengan sinar UV adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar ultraviolet membantu tubuh dalam membuat vitamin D, yang memperkuat tulang, gigi dan juga membantu kekebalan tubuh terhadap kanker usus besar dan rakhitis.Bahaya Sinar UV Bagi MataNamun dibalik manfaat sinar ultraviolet tersebut mempunyai bahaya bagi kesehatan terutama kesehatan mata jika sering terpapar sinar ini.

Dalam jangka panjang, terpapar sinar UV secara berlebihan dapat mengakibatkan reaksi inflamasi mata, fotdemartosis dan juga perubahan degeneratif pada sel kulit, pembuluh darah.

Ada beberapa bagian tubuh yang perlu dilindungi dari paparan sinar ultraviolet salah satunya yaitu mata, karena jika tidak dilindungi mata akan memnimbulkan beberapa gangguan.

Refleks kelopak mata untuk berkedip merupakan sebuah upaya mata untuk melindungi dari berbagai gangguan, baik itu paparan cahaya terlalu terang maupun sinar UV. Sinar ultraviolet yang terkena terhadap mata bisa menyebabkan mata tersa perih, berair serta membuat penglihatan terganggu.

Jika paparan sinar UV terjadi dalam jangka panjang, hal tersebut sangat beresiko dan bisa mengakibatkan penyakit mata, seperti :

  • Mata minus (rabun jauh)

Salah satu penyebab mata minus yaitu karean sinar UV, paparan sinar ultraviolet bisa menyebabkan kerusakan pada otot-otot mata,alangkah baiknya melindungi mata dengan kaca mata hitam ketika beraktivitas diluar. (Baca Juga : Obat Mata Minus Alami)

  • Katarak

Penyakit ini muncul akibat penguraian protein dalam lensa mata sehingga terjadi penumpukan pigmen yang lama-kelamaan menyebabkan kebutaan dan jika sering terpapar sinar ultraviolet akan semakin memperparah katarak.

  • Peradangan pada kornea dan lapisan di dalam kelopak

Peradangan ini akan terasa menyakitkan namun gangguan ini tidak menyebabkan gangguan jangka panjang.

  • Kanker mata

Menurut penelitian bahaya dari seringnya terpapar sinar ultraviolet yaitu bisa mengakibatkan salah satu jenis kanker mata berbahaya.

  • Pterigium

Gangguan pada mata yang disebabkan karena jaringan fibrovaskular tumbuh disudut bagian mata dalam yang mengarah ke area tengah mata sehingga gangguan ini sangat menggangu penglihatan.

Bukan hanya berbahaya untuk mata, sinar UV juga mengakibatkan kerusakan serat elastin kulit sehingga kulit wajah yang meregang tidak dapat kembali seperti semula, sehingga menjadikan kulit menjadi kendur.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir efek sinar ultraviolet yang berbahaya, sebaiknya batasi aktivitas diluar ruangan saat matahari terik yaitu antara pukul 11.00 sampai 14.00 atau selalu menggunakan topi serta kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet.

Bahaya Sinar UV Bagi Mata

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*