Fase Demam Berdarah Pada Anak

Fase Demam Berdarah Pada Anak – Penyakit demam berdarah terjadi akibat adanya infeksi dari gigitan nyamuk jenis aedes aegyti. Jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, dikhawatirkan demam berdarah bisa merusak jantung, hati, paru-paru serta menurunkan tekanan darah bahkan kematian.

Selain itu demam berdarah juga mempengaruhi beberapa sistem tubuh seperti sistem hati, pembuluh darah dan sistem imun.

Fase Demam Berdarah Pada Anak

FASE DEMAM BERDARAH PADA ANAK

Orang tua selain harus mengetahui Gejala demam berdarah pada anak, agar lebih menambah kewaspadaan terhadap demam berdarah anda juga harus mengenali beberapa fase nya, yaitu :

  • Fase Demam

Pada fase ini penderita mengalami demam secara tiba-tiba hingga mencapai 40 derajat celcius selama 1 sampai 7 hari. Namun apabila demam tersebut berlangsung lebih dari selama 10 hari, kemungkinan demam tersebut bukan gejala dari dema berdarah.

Untuk mengantisipasi kondisi yang leih para, penderita demam berdarah dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah dehidrasi, kondisi penderita pun harus selalu di pantau untuk memasuki selanjutnya.

  • Fase Kritis

Fase selanjutnya dari demam berdarah yaitu fase kritis, memasuki fase ini Anda harus mewaspadai karena kondisi penderita bisa menunjukan kondisi penderita sudah sembuh dengan ditandai suhu tubuh menjadi suhu normal. Namun jika dibiarkan kondisi seperti ini bisa mengakibatkan kondisi penderita semakin parah.

Karena trombosit penderita akan terus mengalami penurunan secara drastis sehingga mengakibatkan pendarahan yang tidak disadari. Selain itu penderita demam berdarah pada fase ini akan mengalami mimisan, pembesaran organ hati, muntah, serta nyeri perut yang parah. Oleh karena itu meningkatkan kewaspadaan pada fase ini sangat dibutuhkan perlukan, sebab fase ini menjadi fase pengecoh.

  • Fase Penyembuhan

Setelah penderita mengalami fase kritis, selanjutnya penderita demam berdarah akan mengalami fase penyembuhan yang ditandai dengan munculnya demam. Pada fase ini kondisi penderita akan berangsur membaik, dimana jumlah trombosit naik mejadi normal. Selain itu adanya peningkatan nafsu makan, jumlah sel darah putih kembali normal.

Dalam mengangani penderita demam berdarah, langkah yang wajib dilaklukan yaitu menrunkan kemungkinan terjadinya komplikasi pada penderita denga banyak memberikan asupan makanan yang menaikan jumlah trombosit. Anda bisa memberikan asupan tersebut yaitu dengan mengkonsumsi jambu biji.

Baca juga : Obat Herbal Demam Berdarah Pada Anak Tanpa Efek Samping

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*