Penyebab Katarak Yang Perlu Diketahui Dan Diwaspadai Sejak Dini

Penyebab Katarak – Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang sangat mengganggu penglihatan seseorang, hal tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan terus-menerus karena akan menurunkan kualitas hidup seseorang yang menderita gangguan ini.

Penyebab Katarak

PENYEBAB KATARAK

Katarak ini terjadi karena adanya perubahan pada lensa yang menjadi keruh sehingga mengkibatkan pandangan menjadi kabur dan jelas indera penglihatan pun menjadi kacau, karena seharusnya lensa tembus cahaya dan jernih.

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab munculnya katarak ini, sehingga Anda perlu mewaspadainya jika tidak, penyakit katarak bisa saja menyerang mata Anda. Untuk menambah kewaspadaan tentunya Anda perlu mengetahui beberapa penyebab katarak, berikut ulasan penyebab katarak :

  • Penuaan

Penuaan merupakan penyebab katarak yang paling umum, karena hampir 50% penderita katarak berasal dari kelompok 65 tahun hingga 70 tahun keatas. Semakin bertambah usia resiko terkena katarak akan lebih meningkat.

  • Cedera

Katarak dapat terjadi karena disebabkan oleh cedera pada fisik, cedera tersebut bisa terjadi akibat tusukan, tekanan berlebih dan benturan pada bagian area kepala maupun mata. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan lensa di dalam mata, sehingga meningkatkan terjadinya katarak.

  • Diabetes

Penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2 harus selalu mengontrol gula darah, karena jika tidak berhati-hati kadar gula darah yang berlangssung dalam waktu yang cukup lama bisa meinmbulkan komplikasi ke berbagi organ tubuh salah satunya mata.

Diabetes dan katarak sangat berhubungan karena gula darah sebagian akan masuk ke lensa mata sebagia nutrisi. Namun jika kadar gula darah tidak terkontrol menyebabkan air masuk kedalam lensa sehingga mengakibatkan lensa bengkak.

  • Infeksi

Infeksi ini disebabkan oleh cacing gelang jenis Toxocara yang ditularkan dari binatang seperti kucing atau anjing. Selain itu meskipun jarang terjadi toxocariasis ini juga terjadi karena konsumsi daging kambing atau kelinci yang belum matang.

Cacing jenis ini sangat berbahaya karena bisa bertelur dan pindah pada tubuh manusia serta menyebar ke berbagi organ tubuh termasuk mata. Infeksi ini menyebabkan kekeruhan pada lensa.

  • Galaktosemia

Salah satu penyebab ini merupakan penyakit keturunan yang membuat bayi tidak mampu mengubah galaktosa menjadi glukosa. Galaktosa adalah senyawa khusus dari karbohidrat.

Jika galaktosa menumpuk di dalam lensa mata itu akan menarik air masuk ke dalam lensa mata, tentunya lensa mata akan menjadi buram yang mengakibatklan katarak.

Informasi Pengobatan Katarak Secara Alami :

Cara Mengobati Katarak Secara Alami
klik produk

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*