Penyebab Mata Merah Yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Orang yang mengalami mata merah tentunya akan sangat terganggu, karena bukan hanya menggangu penampilan akan tetapi aktivitas sehari-hari juga. Hal tersebut tentunya tidak luput dari dari berbagai Penyebab Mata Merah yang terkadang kita sendiri tidak mengetahuinya.Penyebab Mata Merah

PENYEBAB MATA MERAH

Mata merah terjadi karena pembuluh darah mengalami pembengkakan pada sclera, yaitu permukaan terluar putih pada mata. Kondisi tersebut dapat disertai dengan gejala seperti sakit mata, gatal, bengkak, dan penglihatan kabur.

Ada beberapa faktor penyebab yang mengakibatkan mata menjadi merah, diantaranya :

  • Alergi

Faktor ini bisa menjadi penyebab mata merah, kondisi ini terjadi karena sistem kekebalan mata Anda beraksi dengan zat asing sehingga secara alami tubuh akan melepaskan histamin untuk melawan alergen tersebut. Akibatnya reaksi histamin tersebut menyebabkan mata merah dan berair.

  • Mata Lelah

Ini merupakan faktor penyebab mata merah yang paling sering terjadi terutama pada orang yang mempunyai pekerjaan dengan layar komputer, secara tidak sadar Anda jarang mengedipkan mata.

Perlu diketahui, mengedip mata merupakan salah satu cara yang alami untuk melembabkan mata sehingga memperkecil terkena resiko mata merah.

Disamping itu anda disarankan untuk berpaling dari layar monitor setiap 20 menit sekali untuk mengistirahatkan mata Anda selama 20 detik dan melihat objek dengan jarak sekitar 6 meter.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan infeksi pada mata yang umum terjadi Saat konjungtiva terinfeksi, pembuluh darah di dalamnya akan menjadi membengkak, menjadikan mata merah. Anda harus mewaspadai konjungtivitis ini karena bisa menular.

  • Kondisi Medis

Selain itu mata merah mata merah yang berkelanjutan dan semakin memburuk terkadang bisa menandakan adanya penyakit mata yang lebih serius seperti glaukoma dan uveitis. Kondisi tersebut harus segera mendapatkan penanganan yang serius.

  • Mata Kering

Penyebab mata merah ini terjadi karena kelenjar air mata kurang memproduksi cairan mata, sehingga membuat mata menjadi kering dan mengiritasi mata menjadi merah.

  • Lensa Kontak

Jika anda seoarang pengguna lensa kontak sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena saat memakai kontak lensa bisa menjadi tanda dari infeksi mata yang serius, seperti keratitis atau infeksi mata jamur.

Sebaiknya penggunaan lensa kontak harap diabatasi dan jangan memakai lensa kontak daat tidur karena sangat membahayakan kondisi mata.

  • Kurang Beristirahat

Jika kekurangan istirahat mata akan mengalami bengkak dan muncul lingkaran hitam, bila mengalami hal tersebut jangan menggosok mata karena hal tersebut malah akan memperburuk kondisi mata merah. Sebaiknya segera istirahatkan agar tubuh anda lebih segar dan mata pun terhindar dari mata merah.

Namun jika anda sedang mengalami mata merah, tidak perlu khawatir karena sekarang telah hadir Obat Sakit Mata Merah Alami solusi terbaik untuk atasi mata merah secara alami.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*