Perbedaan Mata Minus Dan Mata Silinder

Perbedaan Mata Minus Dan Mata Silinder

Perbedaan Mata Minus Dan Mata Silinder – Mata merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, namun mata ini sangat sensitif terhadap bebagai penyakit yang mengganggu penglihatan menjadi tidak jelas.Perbedaan Mata Minus Dan Mata SilinderPenyakit mata yang secara umum banyak diderita oleh banyak orang yaitu mata minus (Myopia) dan juga mata silinder (Astigmatisma).

Kedua penyakit ini sering menyerang semua umur baik mulai dari lansia sampai dengan anak-anak bisa mengalami kedua penyakit mata ini.

Penyebab utama dari mata minus karena kelengkungan kornea yang lebih pendek dan sumbu bola mata yang terlalu panjang.

Hal ini bisa diperoleh dari keturunan ataupun aktivitas sehari-hari seperti membaca, terlalu lama berkerja dengan komputer.

Sedangkan penyakit mata silinder disebabkan karena panjang kornea horozontal dan vertikan tidak sama, penyebabnya pun tidak beda jauh dengan mata minus.Jika bukan dari faktor keturunan bisa juga dari gaya hidup yang tidak benar seperti sering membaca dengan posisi miring ataupun samibil tiduran.

Apa perbedaan antara mata minus dan mata silinder ?

Walupun sama-sama membuat pandangan menjadi kabur perbedaan antara kedua penyakit mata ini bisa dibedakan dari beberapa faktor.

  1. Penderita

Mata minus sering terjadi pada anak-anak berusia antara 8-12 tahun ini bersamaan dengan perkembangan bentuk mata.

Jadi orang dewasa yang mengalami mata minus sudah mempunyai kerusakan mata tersebut dari kecil, sedangkan mata silinder terjadi akibat lanjutan kerusakan mata minus yang parah atau pengangkatan katarak.

  1. Gejala

Orang yang mengalami mata minus memliki pandangan yang kabur juga kepala terasa pusing.

Namun untuk penderita mata silinder bukan hanya pandanganya saja yang kabur dan membuat pusing kepala tetapi berbayang dengan objeknya tidak menjadi jelas.

  1. Kerusakan mata

Mata minus bisa diatasi dengan menggunakan kacamata,lensa kontak maupun dengan cara alami mengatasi mata minus.

Walaupun begitu mata minus dapat bertambah sampai penderita dewasa, sedangkan mata silinder tidak mengalami penambahan jika menggunakn kacamata yang tepat dengan ukuran silindernya.

Baca Juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*